Hidup benar dihadapan-Nya

Bapak Ibu saudara-saudari pagi ini saya akan membawakan kebenaran Firman Tuhan dalam 1 Raja-raja 20:1-22. Perikop ini sangat menarik, karena ayat ini cukup panjang tetapi kita akan simak ayat per ayat secara seksama agar kita mengerti isi dari perikop ini.judul perikop Samaria tertolong dari kepungan.

Ay 1 Benhadad mengumpulkan tiga puluh dua orang Raja beserta kuda dan kereta akan mengepung Samaria  dan memeranginya.

Ay 2,3 Dia mengirim utusan  dengan pesan Emasmu dan perakmu adalah milikku, juga Istri dan anak-anakmu yang cantik-cantik adalah miliku.

Ay 4 Raja Ahab menjawab seperti bicara itulah , Aku ini dan segala yang ada padaku adalah milikmu.

Ay 5,6 Setelah kembali Benhadad menyuruh pegewai-pegawainya kira-kira pagi hari akan mengeledah rumah Ahab  dan pegawai-pegawaimu, apa yang mereka lihat dan diingini mereka akan bawah kepadamu.

Ay 7 Ahab memanggil tua-tua Israel , Camkanlah orang ini mengikhtiarkan kecelakan kita.

Ay 8 Respon Para tua-tua dan segenap bangsa berkata jangan dengarkan jangan luluskan apa yang dikatakan Benhadad.

Ay 9 Ahab berkata kepada Benhadad tuntutan itu tidak akan dapat dipenuhi.

Ay 12 Mendengar akan hal itu Benhadad tidak menerima hal itu sehingga ia mengatur barisan untuk melawan Samaria.

Ay 13 Tampil seorang Nabi kepada Ahab, sudahkah kau lihat semua orang yang sangat ramai itu? Pada hari ini Aku akan menyerahkan mereka kedalam tanganmu, supaya engkau tahu, bahwa Akulah Tuhan. Ahab bertanya Siapakah yang akan memulai dahulu? Jawabnya engkau

Ay 15 Ahab mempersiapkan pasukan dua ratus tiga puluh dua ribu orang.

Ay 16-21  Terjadi peperangan dan orang Israel mengalami kemenangan.

Ay 22 Pesan nabi kepada raja Ahab baiklah kuatkanlah hatimu pertimbangkan apa yang harus kau perbuat, sebab pada pergantian tahun raja Aram akan maju menyerang engkau.

Kenapa Tuhan menolong Israel ?

Kalau kita melihat Pasal sebelumnya (1 Raja-raja 19:18 ) Tuhan begitu mengasihi umat-Nya karena ditengah-tengah bangsa yang berbalik kepada Tuhan menyembah Baal, dicatat masih ada tujuh ribu orang yang tidak sujud menyembah Baal atau masih ada orang-orang yang takut kepada Tuhan. Firman Tuhan dalam 1 Pet 3:12a Mata Tuhan tertuju kepada orang –orang benar. Kita mengingat peristiwa Sodom dan Gomora Kej 19:1-29. Sebelum Sodom dan Gomora ditunggangbalikan, Tuhan mengingat Lot sehingga ia diselamatkan karena Lot hidup takut akan Tuhan.

Pelajaran bagi kita 
Ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara, mungkin kita hidup dilingkungan yang tidak menyembah Tuhan dengan benar, kita sebagai kaum minoritas biar kita tetap hidup benar dihadapan-Nya melakukan kehendakNya yaitu menuruti seluruh perintah-perintah-Nya (Firman-Nya) hidup menggenapi panggilan-Nya yaitu menjadi garam dan terang ditengah kegelapan dunia  ini. Matius 5:13
Garam dan terang berbicara pengaruh dampak bagi orang -orang disekitar kita, bagaimana carannya agar kita memberi pengaruh bagi bangsa ini yaitu kita berdoa bagi bangsa Ini. Doa mengubah bukan hanya diri kita tetapi dapat mengubahkan orang lain yang ada di bangsa kita. Dalam 2 Taw 7:14 dan umat-Ku yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajahku lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku mendengarkan dari sorga dan mengampuni dosa mereka serta memulihkan negeri mereka.

Dalam Perjanjian baru Timotius mengajarkan/ menasehati  kita untuk berdoa. 1 Timotius 2:1-5
Pertama-tama aku menasihatkan : Naikkanlah permohonan doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang. Untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tentram dalam kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, juruselamat kita yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan dan kebenaran
Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantarta antara Allah dan manusia, yaitu manusa Kristus Yesus.

Kesimpulan
Yeremia 29:7
Usahakanlah kesejahteraan kota kemana Aku buang dan berdoalah kota itu kepada Tuhan karena kesejahteraannya ialah kesejahteraanmu.
Yakobus 5:16b.
Doa orang benar bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya