Dikuduskan untuk menjadi berkat

Haleluya
Puji Tuhan,
Haleluya Puji Tuhan, Amen…
Puji Tuhan atas anugerah Tuhan memberikan kepercayaan bagi saya untuk menyampaikan kebenaran Firman Tuhan pagi ini.
Pagi ini kita dalam pembahasan Ezra pasal yang terakhir dan saya memberikan judul “Dikuduskan untuk menjadi berkat”

Saya mencatat garis besar dari kisah ini “Tindakan Ezra kepada bangsa Israel ketika kembali dari pembuangan mereka melakukan perkawinan campur”
Ayat 1
Ezra berdoa, mengaku dosa sambil menangis dengan menangis sambil bersujud didepan rumah Allah.
Ayat 2
Pengakuan Dosa dari pengikutnya ,Sekhaya bin Yehiel bahwa telah memperistri perempuan asing (perkawinan campur)
Ayat 3
Komitmen dengan Tuhan yaitu mereka akan mengusir perempuan asing dan anak-anak yang didapat lewat perkawinan campur.
Ay 6
Ezra kembali berdoa dan berpuasa
Ay 7,8
Pengunguman di Yehuda dan Yerusalem kepada semua orang yang kembali dari pembuangan , Barang siapa dalam tiga hari tidak datang akan menerima hukuman yaitu harta akan disita dan akan dikucilkan
Ay 9
Lalu berhimpunlah semua laki-laki Yehuda dan Benyamin.
Ay 10,11
Maka bangkitlah Imam Ezra berkata kepada; kamu telah berbuat dosa kepada Tuhan, Mengakulah dihadapan Tuhan, lakukan yang berkenan kepada-Nya, Pisahkanlah dirimu dari penduduk negeri dan perempuan-perempuan asing itu.
Pelajaran bagi kita perhatikan ayat yang ke 11 untuk terjadi perubahan, pemulihan Restorasi ada beberapa hal yang harus dilakukan
1. Mengaku dosa dihadapan Tuhan
2. Melakukan yang berkenan dihadapan Tuhan
3. Pisahkanlah dirimu dengan perempuan asing gambaran ketidaksetiaan cara hidup dunia
Pada pembahasan ini saya menekankan di point yang ketiga yaitu Pisahkanlah dirimu. kata pisahkan atau dikuduskan. Bahasa Ibrani Hagiazo
Dalam perjalanan bangsa Israel kalau kita undur kitab sebelumnya Allah juga memberi perintah kepada bangsa Israel agar mereka menjadi bangsa yang kudus, lewat bangsa Israel mereka menjadi berkat bagi bangsa-bangsa lain. Begitu juga dengan kita ada tuntutan yang sama bagi kita sebagai umat pilihan Allah (Israel-Israel rohani)
1 Pet 2:9
Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.
Kita dipisahkan, dikuduskan tujuannya agar kita menjadi berkat bagi banyak orang.
– Dahulu kita tinggal dalamĀ  gelapĀ  tetapi setelah kita menjadi pengikut Yesus, kita telah dipisahkan/dikuduskan menjadi anak terang (1Pet 2:9)
– Dahulu kita sebagai hamba dosa setelah dikuduskan dipisahkan menjadi hamba kebenaran (Roma 6:17,18)
Tetapi syukur kepada Allah Dahulu kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu. Kamu telah dimerdekakan dari dosa menjadi hamba kebenaran.

Perhatikan gambar ditas.
Hidup dalam kegelapan ada ular gambaran kelicikan, babi gambaran hawa nafsu, kura-kura gambaran kemalasan, singa gambaran binatang yang buas tetapi setelah kita telah dipisahkan hidup sebagai anak-anak terang, hidup dalam kebenaran semuanya telah dibuang keluar dan yang menempati hidup kita Firman dan Roh kudus yaitu hidup dalam terang. Tuhan Yesus memberkati.