Sahabat yang baik

Puji Tuhan saat ini kita akan belajar bersama-sama, Ayub Pasal 6:1-30 ini saya membagi dalam tiga bagian :
1. Ayub menunjukan setiap keluhanya bukan karena tidak ada alasan (ay 1)
2. Dalam tekanan Ayub berdoa meminta mati agar dia mengalami ketenangan (ay 8)
3. Ayub menegur sahabat-sahabatnya atas perkataan mereka kepadanya
(ay 14)

Ayub kecewa dengan sahabat-sahabatnya karena mereka menganggap bahwa penderitaan yang dia alami, karena kesalahannya. ini adalah respon Ayub terhadap sahabat-sahabatnya Ayub memperingatkan mereka.
Ayub 6:14
Siapa menahan kasih sayang terhadap sesamannya, melalaikan takut akan yang maha kuasa.
“Menahan kasih sayang kepada sesama” sama seperti   memposisikan diri sebagai orang yang tidak takut akan Tuhan .

Tindakan yang sahabat-sahabat Ayub lakukan sangat melemahkan Ayub .” kondisi Ayub sangat tertekan dengan penderitaan yang dia alami dalam terjemahan The message bible “The prest past limited” Ayub sedang tertekan melampaui batas”. Yang seharusnya dilakukan sahabat Ayub  yaitu mengasihi, menopang, memberi kekuatan, memberi semangat tetapi  mereka salah menilai dan menghakimi Ayub.

Kenapa teman-teman Ayub lakukan ini?

Mereka menjalani persahabatan tidak dengan kasih. karena kita tahu bersama bahwa kasih itu membangun. 1 Kor 8:1 dalam terjemahan Amplifield Bible “Love Builds up and Encourage other to Grow”
Kasih itu membangun dan mendorong orang lain untuk bertumbuh”
seharusnya dalam kesesakan mereka menjadi sahabat yang baik bagi Ayub, membangun, mendorong Ayub ditengah-tengah pergumulan yang dia hadapi. dalam Amsal 17:17 Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.Seorang saudara dilahirkan untuk menolong kita pada masa kesesakan.

Kita akan pelajari di perjanjian baru seorang yang tidak menahan kasih sayang  yaitu mampu  mengasihi, memberikan kekuatan, tidak melemahkan ,memberikan dukungan kepada sahabatnya

1. Barnabas
Barnabas mengasihi Rasul Paulus memberikan dukungan kepada Rasul Paulus ketika ditolak oleh rasul-rasul lain .(Kis 9:26-27)
 Barnabas artinya anak penghiburan tetapi menarik dalam terjemahan Amplifield Bible Barnabas adalah Son of Encourage.
2. Yesus
Yesus yang menjadikan kita sahabat seharusnya akibat kesalahan kita, akibat dosa kita bisa saja Dia langsung saja menghakimi dan menghukum kita tetapi karena kasih-Nya kepada kita, Dia rela mati bagi kita sahabat-sahabat-Nya. Yohanes 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. kita ingat kisah wanita yang kedapatan berzinah, Yesus datang Ia mengasihi, memberikan support/ Encorage /dukungan , berbeda dengan ahli-ahli taurat mereka datang untuk menghakimi akan merajam dia dengan batu.

Kesimpulan
Biar kita menjadi sahabat yang baik, tidak menahan kasih sayang kepada orang-orang yang sedang dalam kelemahan. kita dapat memberikan suport dukungan bukan datang untuk menghakimi, penghakiman itu adalah hak Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.